Cara Membuat KTP

Anda sudah berumur 17 tahun atau lebih, namun belum memiliki KTP? Apapun alasanya, anda sebenarnya wajib membuat KTP sebagai warga negara Indonesia.

Karena dari situlah data kependudukan bisa tercatat dan tervalidasi. Cara Membuat KTP tergolong mudah dimana hanya perlu memenuhi syarat kepemilikan KTP, melengkapi berkas utama lalu menyerahkanya ke petugas instansi terkait. Daripada kelamaan, berikut penjelasan secara gampangnya.

Cara Membuat KTP

1. Mengurus beberapa persyaratan
Jika anda ingin membuat KTP baru, maka terlebih dahulu datang ke RT atau RW setempat untuk memperoleh surat pengantar pembuatanya.

Tahap ini, ternyata masih kurang diperhatikan oleh kebanyak orang sehingga setelah ke kantor kelurahan mereka disuruh mendatangi RT/RW terkait permintaan surat pengantar. Jangan lupa, bawa pula materai sebesar 6.000, fotokopi KK (kartu keluarga) sebanyak 2 lembar.

2. Menuju ke Kantor Kelurahan
Setelah menyerahkan surat pengantar ke kantor kelurahan, nantinya anda akan diberikan formulir pengisisan data dalam permohonan pembuatan KTP. Kemudian tandatangani dan serankan ke petugasnya. Nantinya setelah lurah menandatangani surat terswebut, baru diserahkan ke anda lagi.

3. Datang ke Kantor Kecamatan
Bawalah surat permohonan, data formulir dan fotokpi KK ke kantor camat lalu serahkan ke petugas yang ada disana. Sampai disini, sebenarnya pembuatan KTP baru telah selesai.

Tinggal anda menunggu sekitar 4-7 hari (waktu normal). Sekali lagi, prosenya tergantung wilayah masing-masing karena bisa saja berbeda.

4. Tahap verifikasi dan validasi
Ketika petugas kecamatan mendapatkan semua persyaratan pembuatan KTP baru dari anda, mereka terlebih dulu memverifikasi dan validasi data kependudukan yang kemudian menyampakan surat permohonan untuk diteruskan ke Dinas Pencatatan Sipil.

5. Penerbitan KTP baru
Setelah semua proses diatas selesai, anda tinggal menunggu panggilan dari petugas setempat atau mungkin ada surat pengambilan KTP baru di kantor kecamatan. Tergantung kebijakan daerah di kota anda.

6. Pencetakan E-KTP
Mengingat proses pembuatan KTP manual memakan waktu lama, pemerintah pada akhirnya mengeluarkan kebijakan dalam peluncuran E-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) dengan basis elektronik sehingga mempermudah pendataaan maupun percetakanya sendiri.

Jadi, sekarang anda tidak perlu mengikuti proses panjang diatas dan cukup membawa syarat-syarat pertama tadi lalu langsung menuju kantor Dinas Pencatatan Sipil. Disana, anda akan mengikuti prosedur dalam satu waktu hingga sesi pemotretatn foto. Barulah bisa meninggalkan tempat dan menunggu surat pengambilan E-KTP baru.

Adapun beban biaya dalam Cara Membuat KTP, bila sesuai UU yang berlaku Nomor 24 Tahun 2013 pasal 79A adalah gratis tanpa ada pungutan biaya sepeserpun.

Meski begitu, kenyataan di lapangan tidak selalu sama bahkan ada juga penduduk setempat yang biasa memberikan uang lelah atau terima kasih pada petugas untuk mengurus berkas kependudukan dan akhirnya menjadi kebiasaan bagi orang lain.