Cara Mengurus IMB Online

Hidup didalam maupun diluar negri pasti akan menemuan suatu aturan, tak terkecuali saat ingin membangun rumah. Syarat mutlak membangun rumah adalah memiliki surat ijin IMB ( ijin mendirikan bangunan).

Dan sekarang, anda sangat beruntung karena mengurusi Cara Mengurus IMB Online sudah diberlakukan seperti di wilayah Jakarta atau sekitarnya.

Berdasarkan sumber, sistem ini telah terintegrasi dengan instansi lain baik Dinas, Suku Dinas PBB hingga tingkat kecamatan. Jadi pemohon nantinya tinggl memilih menu IMB rumah tinggal atau non-rumah tinggal. Kemudian tinggal memasukkan lampiran persyaratan yang diminta. Mudah kan?

Cara Mengurus IMB Online

1. Pembuatan akun dan pengisian data
Untuk membuat IMB secara online maka anda perlu mendaftarkan diri ke situs atau website utama. Nah, terkait pembahasan tadi akan diambil contoh web www.dppb.jakarta.go.id. Wajib mengisi biodata lengkap agar nantinya tidak menyulitkan pihak terkait ketika tahap pengecekan.

2. Persiapan syarat administratif
Beberapa syarat perlu dipersiakan mulai dari,
– softcopy KTP, NPWP
– softcopy Surat Bukti Kepemilikan Tanah
– softcopy surat pernyataan diatas materai bahwa tidak dalam kondisi sengketa,
– softcopy ketetapan rencana kota (KRK)
– softcopy SIPP (khusus untuk luas lahan >5000m²)
– softcopy perencanaan struktur bangunan gedung (optional)
– softcopy gambar rancangan arsitektur bangunan (dalam format Cad)
– softcopy IPTB (penanggung jawab perencana arsitektur, struktur, mekanika elektikal bagi yang dipersyaratkan)
– softcopy gambar rencana perhitungan mechanical electrical bangunan gedung (optional)
– softcopy permohonan IMB tambahan, harus melampirkan gambar IMB yang sebelumnya
– Alamat email pemohon

3. Lakukan upload di website
Setelah persyaratanya lengkap, selanjutnya upload keseluruhanya di website yang dimaksud. Ketika sudah mengikuti alur sesuai petunjuka nantinya anda akan ditujukan pada permohonan kegiatan seperti ijin mendirikan bangunan baru, renovasi atau perbaikan rumah, pelestarian maupun pemugaran bangunan.

4. Menerima email pemberitahuan
Kalo permohonan berhasil, anda akan memperoleh informasi lanjutan melalui email yang di input saat mendaftar. Sepeti prosedur pembayaran hingga penurunan SK-IMB berserta lampiran gambar IMB. Keduanya dapat langsung dicetak dan dilegalisir bila diperlukan ke loket pelayanan IMB terdekat di kota anda.

5. Biaya retribusi IMB
Pada umumnya, biaya retribusi sendiri di masing-masing daerah itu berbeda. Adapun di Jakarta jumlahnya sesuai PERDA No. 3 tahun 2012 tentang besarnya Retribusi Daerah dan Peraturan Kepala Dinas Pengawasa dan Penerbitan Bangunan nomor 11 tahun 2014 tentang pedoman teknis Perhitungan dan Denda IMB.

Menurut peraturan tersebut perhitunganya didasarkan rumus: Luas total lantai bangunan x harga satuan x indeks terintegrasi. (Catatan: untuk harga satuan bangunan sebesar 25.000/m² sedangkan indeks integrasi merupakan perkailan dari banyak faktor seperti jenis bangunan renovasi, ketinggian dan lain-lain)

Demikianlah informasi terkini mengenai Cara Mengurus IMB Online khusunya di wilayah Jakarta. Bagi anda yang ingin mengetahui pengurusan IMB melalui sistem online, sebaiknya tanyakan langsung ke kantor IMB setempat mengingat belum tentu semuanya sama.