Cara Mengurus KTP Hilang

Cara Mengurus KTP Hilang – KTP (Kartu Tanda Penduduk) adalah identitas kependudukan sebagai bukti kewarganegaraan dan domisili di wilayah tertentu.

Bukankah anda sekarang sudah memiliki KTP? Kalo belum segera membuatnya karena KTP atau e-KTP sudah dijadikan dasar dalam penerbitan berbagai dokumen penting seperti SIM, NPWP, Paspor, sertifikat tanah dan masih banyak lagi.

Lantas gimana kalo sudah punyak KTP tapi hilang entah keman? Tenang saja, prosedur pengurusan e-KTP hilang telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Lengkapnya, ada dibawah ini.

Cara Mengurus KTP Hilang

1. Melapor ke Polsek setempat
Ketika KTP anda hilang, segeralah melapir ke Polsek untuk mendapatkan keterangan kehilangan. Namun hal ini tidaklah mudah karena ada beberapa jalur yang perlu ditempuh mulai dari,

– Memintas surat pengantar dari RT lalu dilegalisasi oleh ketua RW.
– Membawa surat tersebut ke kantor kepolisian setempat. Anda dapat memilih Polsek atau Polres untuk membuat surat kehilangan. Umumnya, dari sana menyediakan formulir dan diisis secukupnya. Pada tahap ini sebenarnya tidak ada pemungutan biaya sama sekali namun terkadang kebijakan setiap wilayah berbeda-beda.

2. Datangi kantor kelurahan/desa
Berikutnya membawa berkas persyaratan ke kantor kelurahan setempat. Adapu detailnya sebagai berikut,
– membawa surat keterangan hilang dari kepolisian dan surat pengantar RT/RW
– fotokopi KK (Kartu Keluarga) sebanyak 2-4 lembar (untuk jaga-jaga)
– pas foto bewarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar (optional). Tidak semua tempat meminta syarat foto.

3. Mengisi formulir permohonan KTP baru

Nantinya kalo persyaratan sudah lengkap, anda akan disodorkan formulir dalam rangka permohonan KTP baru. Dan selanjutnya akan ditandangani oleh Lurah atau Kepala Desa untuk disusun petugas yang membawanya ke Kantor Kecamatan. Bisa saja, anda sendiri disuruh langsung ke Kantor Kecamatan mengingat prosedurnya tidakl selalu sama.

4. Mendatangi kantor kecamatan
Usai mendapatkan formulir lengkap dari kantor kelurahan, dilanjutkan mengurusnya ke kantor kecamatan. Anda tinggal menyerahkan syarat-syarat yang sudah dipersiapakan tadi, antara lain,
– menyerahkan berkas di tempat yang sudah disediakan
– menunggu panggilan petugas kecamatan (ada juga yang perintahkan hari berikutnya untuk pengambilan)
– memperoleh tanda berkas permohonan yang mencantumkan waktu pengambilan e-KTP baru.

Nah, waktunya disini sekali lagi tidak semua wilayah sama. Kadang sampai 1 atau 2 minggu lamanya. Tapi pada umumnya kurang lebih 1 minggu sudah jadi dan dapat diambil.

Berkenaan dengan biaya administrasi, biasanya seluruh Pengurusan e-KTP hilang tidak dipungut alias gratis. Meski begitu, ada catatan sedikit bahwa masing-masing kantor kelurahan, kecamatan maupun kantor polisi di lingkungan anda memiliki kebijaka sendiri. Semoga dengan adanya informasi ini bisa memberikan wawasan dan membantu anda. Sekian.