Cara Mengurus SIM Hilang

Jangan bingung, panik atau pusing ketika SIM anda hilang. Mungkin saja lupa menaruh atau ketinggalan di tempat saudaranya.

Coba dicari dulu dan apabila benar-benar hilang tetap rileks dan tenang karena disini anda sudah menemukan solusi tepat terkait Cara Mengurus SIM Hilang. Apakah sulit? Tentu saja tidak, mengingat satpas (satuan petugas) sudah berkali-kali menanggulangi masalah ini.

Sebelum ke kantor satpas, pelajari baik-baik langkah seperti dibawah mulai dari persiapan syarat administratif yang harus dibawa. Kemudian jangan berpikir bahwa membuat SIM baru akibat faktor kehilangan tidaklah sama dengan mengurus SIM baru seperti tes teori atau praktik. Jadi anda hanya perlu mengurus beberapa dokumen saja.

Cara Mengurus SIM Hilang

Seperti pada umumnya, jika anda mengurusi SIM hilang di satpas daerah maka jangan lupa membawa persyaratan yang dibutukan seperti KTP asli dengan salinanya, surat keterangan hilang dari polsek setempat dengan salinanya.

Adapun untuk fotokopi SIM tidaklah wajib, namun jauh lebih baik bila ada karena akan memudahkan petugas dana mempercepat proses dimana anda tidak perlu lagi mengisi formulir pendaftaran di bagian loket (bersumber dari Divisi Humas Mabes Polri). Prosedurnya sendiri sangat mudah kok, silahkan ikuti langkah berikut.

1. Mengurus lebih dulu surat keterangan sehat di bagian puskesmas atau klinik pemeriksaan kesehatan. Untuk masalah ini, di bagian satpas biasanya ada.

2. Dilanjutkan dengan mengurus asuransi kecelakaan diri pengemudi (AKDP) di loket asurasni. Tempatnya masih bergabung di bagian kesehatan satpas juga.

3. Mendaftar ke loket pendaftaran dan langsung serahkan saja persyaratan tadi mulai dari surat keterangan hilang, surat kesehatan, AKDP, kartu asuransi beserta formulir dan mendapatkan tanda bukti pengambilan SIM.

4. Setelah itu, membayar formulir di BII atau BRI, biasanya juga tersedia di satpas. Terkait biaya pembuatan SIM hilang ada perincian yang patut anda ketahui.
– Untuk SIM A dikenakan biaya sebesar 80.000
– Untuk SIM C dikenakan biaya sebesar 75.000
– Untuk SIM A/C dikenakan biaya sebesar 155.000
– Cek kesehatan dikenakan biaya sebesar 20.000
– Asuransi jiwa dikenakan biaya sebesar 30.0000
Jadi kalo ditotal untuk SIM C yang hilang 125.000 sedangkan SIM A 130.000

5. Langkah kelima, anda akan melakukan pengambilan foto, sidik jari, tanda tangan dan verifikasi data pribadi secara langsung. Nantinya terlebih dahulu di cek apakah sudah sesuai atau belum.

6. Terakhir, menunggu panggilan. Kalo sudah dipanggil tinggal mengambil SIM dengan memakai tanda bukti pengambilan SIM sebelumnya.

Wah, ternyata tidak ribet kan untuk Mengurusi SIM Yang Hilang. Demikianlah sedikit informasi dan semoga bisa bermanfaat kedepannya. Bila dirasa artikel ini bermanfaat, jangan pelit untuk menyebarkanya agar orang lain di sekitar anda ikut mengetahuinya. Terima kasih.