Cara Mengurus STNK Hilang

Gimana sih Cara Mengurus STNK Hilang? Mungkin ini menjadi pertanyaan umum oleh kebanyakan masyarakat. Apalagi bagi orang yang awam dan baru kehilangan STNK akan merasa ribet bahkan tidak tahu harus berbuat apa setelahnya.

Mengingat STNK termasuk dokumen penting dan berharga, tentu ada persyaratan khusus dalam rangka mengurusnya. Jelasnya, simak ulasanya berikut ini.

Cara Mengurus STNK Hilang

1. Buat laporan kehilangan STNK di kantor polisi terdekat
Jadi ketika anda pertama kali kehilangan STNK, maka segeralah melapor ke kantor polisi terdekat entah itu Polsek maupun Polres. Nanti, disanan anda akan langsung dibuatkan surat keterangan hilang yang kemudian untuk persyaratan pembuatan STNK baru.

2. Siapkan berkas kelengkapan administrative
Berdasar informasi terkini dari Divisi Humas Mabes Polri, untuk mengurus penggantian STNK yang hilang, anda paling tidak harus mempersiapkan persyaratan administratif diantaranya KTP pemilik kendaraan (asli dan fotokopi).

Fotokopi STNK yang hilang, BPKB (asli dan fotokopi) serta surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian tadi (bisa dari Polsek atau Polres setempat).

3. Menuju kantor SAMSAT
Nah, jika berkas persyaratan sudah lengkap semua, saatnya anda mendatangi kanto SAMSAT (Sistem Manunggal Satu Atap) yang merupakan tempat pengesahan atau penerbitan STNK oleh tiga instansi secara langsung: Polri, Dinas Pendapatan Provinsi dan PT Jasa Raharja. Adapun langkah-langkah disana yaitu

a. Mengecek fisik kendaraan dan menggesek nomor rangka mesin. Jangan lupa di fotokopi terlebih dahulu
b. Mengisi formulir pendaftaran lalu menyerahkanya berserta berkas persyaratan yang anda bawa tadi ke bagian STNK hilang
c. Dilanjutkan dengan mengurus surat keterangan hilang dari SAMSAT (cek blokir)
d. Setelah mendapatkan surat tersebut, bawalah semua berkasnya ke loket pembuatan STNK baru.
e. Disini, anda wajib membayar pajak dan pembuatan STNK baru di kasir yang sesuai dengan slip setoran dari loket pembuatan STNK baru. Menurut PP No. 50 tahun 2010 anggaran untuk biayanya,
-Kendaraan bermotor roda 2, 3 atau angkutan umum dikenakan biaya 50.000
-Kendaraaan roda 4 dikenakan biaya 75.000
-Pengesahan STNK tidak dikenakan biaya sepeserpun.
f. Jika step by step diatas terlesaikan, maka anda bisa langsung menyerahkan bukti pembayaran ke kasir bagian pengambilan STNK baru dan tunggu beberapa saat untuk dipanggil lalu diperbolehakn menerima STNK sekaligus SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) yang sudah jadi.

Sebagai langkah antisipasi, alangkah lebih baik segera membuat salinan atau fotokopi surat – surat berharga seperti SIM, STNK, KTP maupun BPKB agar jika dibutuhkan sewaktu-waktu tidak mendadak kebingungan.

Memang Cara Mengurus STNK Hilang bisa dibilang cukup mudah asal kelengkapan persyaratanya ada semua. Namun gimana jika STNK terlanjur hilang dan belum sempat membuat salinanya? Sebenarnya hampir sama caranya, bedanya adalah anda perlu melegalisir fotokopi BPKB dari dealer di kantor polisi setempat.