Inilah 4 Penemu Dunia Beserta Penemuannya

Perubahan dunia bisa menjadi sekarang ini saya yakini akibat dari banyaknya penemuan dari para tokoh dunia sehingga hal-hal yang menjadi misteri bisa terungkap.

Jika tidak ada ilmuan dan penemu, dunia pasti masih mengalami keterbelakangan dan tidak akan ada modernisasi seperti sekarang.

Dari hal yang remeh seperti panggung hiburan hingga kebenaran bahwa bumi itu bulat tidak bisa lepas dari peranan mereka. Banyak sekali penemuan yang mendukung kemajuan dunia, tapi kali ini 8 saja yang dibahas.
johannes-gutenberg

Daftar Penemu Dunia Beserta Penemuannya


1. Johann Gutenberg

Ada Johann Gutenberg, yang menemukan mesin cetak. Dengan karyanya ini, ilmu pengetahuan bisa cepat menyebar. Beliau lahir di Mainz, Jerman Barat sekitar tahun 1397, merupakan anak seorang bangsawan.

Sebelum ditemukan mesin cetak, penyebaran ilmu pengetahuan dilakukan dengan cara menyalin. Jadi, sebuah buku pelajaran katakanlah, disalin sebanyak mungkin untuk disebarkan sebagai buku.

Jadinya si penyalin harus menulis dengan cermat dan teliti untuk menghindari kesalahan, sekitar abad 15, orang yang bertugas menyalin adalah biarawan. Sementara buku yang dihasilkan adalah Alkitab 42 baris.

2. Samuel Finley Morse
Yang kedua adalah Samuel Finley Morse, dari namanya pasti tahu, kan, Beliau penemu sandi morse. Beliau lahir di Charlestown, Massachusetts, Amerika Serikat tahun 1791, ayahnya merupakan ahli geografi.

Alat yang dibuat oleh Beliau adalah mesin telegrap sederhana, dan pada akhirnya bisa dibuat menjadi lebih baik dengan bantuan teman-temannya.

Mesin ini kemudian dipatenkan, sehingga membuat hidupnya bisa lebih baik. Untuk membuat telegrap sederhananya, Beliau hanya menggunakan bingkai lukisan tua, baterai buatan sendiri dan sebuah jam tua, karena dulu pernah hidup kekurangan.

3. James Cook

Kemudian ada James Cook, seorang pelayar angkatan laut Inggris yang lahir di Marton-in-Cleveland, Yorkshire, Inggris tanggal 27 Oktober 1728, ayahnya seorang buruh tani.

Sejak tahun 1755 bergabung dengan angkatan laut dan melakukan banyak pelayaran, hingga tiba di Selandia Baru dan disambut oleh penduduk asli sebelum melakukan perjalanan ke Australia.

Lalu tanggal 25 Juni 1776, Beliau berlayar dan menemukan Pulau Hawaii, yang disebutnya Pulau Sandwhich dan meneruskan perjalanan ke Benua Amerika, sayangnya, ketika kembali, mendapat konflik dengan penduduk lokal dan terbunuh.

4. Leonardo Da Vinci

Selanjutnya adalah Leonardo da Vinci. Seniman ini terkenal dengan lukisannya yang selalu mendatangkan misteri, salah satunya lukisan Mona Lisa yang masih menjadi perdebatan hingga sekarang.

Eits, tapi jangan salah, selain melukis, Beliau juga dikenal sebagai arsitek dan penemu. Lahir di Kota Vini, Italia di tahun 1452 dan hijrah ke Florence sekitar tahun 1460an, di sinilah Beliau mulai belajar melukis kepada Andrea del Verrochio.

Beberapa rancangannya adalah sketsa alat militer, jembatan, bahkan helikopter. Beliau meninggal dunia di Perancis 2 Mei 1519.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*